Langkah awal yang harus dilakukan jika terkena diabetes

iklan
iklan
Salah satu gejala awal yang terjadi dari kemunculan penyakit diabetes adalah gula darah tinggi, namun anda hanya akan mengerti diagnosis diabetes setelah mengikuti tes yang dilakukan dokter melalui medis. Diabets merupakan bukan suatu kondisi yang menyebabkan kematian, tapi managemen kondisi yang buruk akan menyebabkan komplikasi yang pada ujungnya datang pada kematian. Diabetes ada dua tipe, tipe 1 belum bisa disembuhkan dan tipe 2 masih bisa disembuhkan namun perlu ketekunan dan diet khusus supaya koplikasi yang tidak diinginkan tidak akan muncul di diri anda. Di indonesia terdapat berita yang bagus mengenai diabetes, yaitu kebanyakan diabetes yang di idap warga negara indonesia tergolong diabetes tipe 2 dan masih bisa disembuhkan. tahukah anda cara Mengenal dan Mengatasi Penyakit Dyslexsia
Langkah awal yang harus dilakukan jika terkena diabetes
Ketika anda menerima diagnosisi diabetes, jangan langsung putus asa, karena diabetes pada umumnya masih bisa mengharapkan kesembuahan (tipe 2) dan berikut inilah langkah awal yang harus dilakukan:
1.Memahami dan menerima kondisi tersebut, rasa qonaah ini memang tidaklah mudah untuk di lakukan, karena orang pada umumnya itu selalu ingin sehat tanpa ada penyakit yang datang, namun jalan itu tidak selalu lurus dan tidak selamanya kita muda terus, ada saatnya kita tua. Ada keuntungan tersembunyi yaitu anda akan mendapatkan semangat untuk mengobati penyakit tersebut, supaya tidak kematian jalan akhirnya. Terus anda harus datang kedokter untuk mendapatkan informasi tentang keadaan anda dari dokter sang ahli kesehatan, anda bisa sadar dan bangkit untuk membicarakan penyakit yang anda derita dengan dokter atau perawat ataupun bisa mendaftarkan diri pada progam yang membantu mengobati peenyakit yang anda derita supaya lebih baik dan supaya anda belajar untuk mengurusi diri anda sendiri. Biasanya praktek managemen diabetes ini dilakukan dirumah, tidak dirumah sakit, kecuali ada komplikasi. Inilah manfaat menerima dan memahami kondisi, merupakan hal penting yang harus dilakukan.
2.Pengobatan, setelah anda menerima dan datang ke dokter untuk berobat, maka anda akan dikasih tau obat yang harus di perlukan untuk mengontrol tingkat gula darah pada tubuh. Obat penurun kolesterol juga sangat dianjurkan untuk mengurangi resiko penyakit jantung, karena yang menjadi salah satu penyebab umum matinya penderita diabetes tipe 2.
3.Merencanakan diet dalam tanda kutip gula, karbohidrat,dan lemak. Pengelolaan diabetes sangat bergantung pada gaya hidup dan diet yang dilakukan, anda perlu mengatur bahkan mengubah diet anda menjadi mengurangi karbohidrat dan lemak. Kemudian melebihkan sumber serat makanan. Mengkonsumsi karbohidrat yang berlebihan akan menjadikan tingkat gula darah anda meninggi, sedangkan lemak akan menjadikan kolesterol darah anda meningkat, kedua hal tersebut yang menjadikan komplikasi sehingga diet yang teratur akan membantu untuk memanagemen diabetes supaya tidak terjadi hal-hal yang di inginkan. Progam diet yang anda lakukan harus sesuai dengan waktu asupan obat yang anda minum. baca juga Mengenal, mencegah dan Mengobati Kanker Payudara  agar payudara menjadi sehat.
4.Mulai Berolahraga, ketika anda belum pernah berolahraga pada waktu sebelum terkena diabetes, maka inilah waktu yang tepat untuk memulai olah raga. Berolahraga yang teratur mampu mempertahankan berat badan dan gula darah anda ideal atau sehat. Kurang lebih, bahkan minimal anda melakukan olah raga tidak kurang dari 30 menit selama lima kali dalam semiinggu. Atau anda bisa menjadikan aktivitas anda sehari-hari dengan olahraga misalnya anda berjalan menggunakan tangga bukan lift, parkir jauh dari toko kemudian berjalan kaki dari kendaraan sampai toko ataupun bisa bermain dengan anak-anak.
5.Selalu Lakukan CheckUp Secara Teratur, agar tidak terjadi hal-hal yang di inginkan. Anda harus selalu chek up gula darah anda dan keadaan lainnya, semisal bagaimana fungsi obat yang di minum, apakah tubuh menerima respon dari obat dengan baik atau tidak, atau bisa memerikasa apakah progam diet yang anda lakukan itu berhasil atau tidak.dengan chek up yang anda lakukan maka anda akan menerima informasi supaya tidak terjadi komplikasi dan dokterpun juga akan mengetahui bagi anda langkah apa yang dilakukan? Perkara yang besar tidak mungkin menjadi besar seketika, pasti di mulai dengan perkara yang kecil. Komplikasi tidak akan terjadi jika gula darah tinggi atau diabetes anda terpola dengan baik. Asalkan anda rajin chek up untuk mengetahui kondisi anda.
iklan