Gangguan polip Pada Hidung Cegah dari awal

iklan
iklan
Hidung merupakan indra penciuman, bau yang kita hirup tidak hanya bau wangi saja tetapi bau yang tidak enak/busuk juga dapat tercium oleh hidung. Untuk menghindari bau agar tidak tercium biasanya kita menutup kedua lubang hindung dengan jadi sehingga udara yang membawa bau busuk tidak masuk kedalam rongga hidung. Bakteri atau kuman yang masuk melalui udara kedalam rongga hidung dapat menyebabkan gangguan pada hidung salah satunya penyakit polip hidung.

polip hidung merupakan salah satu penyakit hidung yang jika tidak segera diatasi akan berakibat parah, nah, meskipun sekecil apapun penyakit kita tidak boleh lengah dengan berbagai hal. kita tetap waspada agar penyakit akan enyah dari diri kita. langsung saja nich guys simak artikel penyakit polip hidung dibawah ini:
simak juga Kelainan Yang Sering Terjadi Pada Mata

Gangguan polip Pada Hidung
penyakit polip hidung

Penyakit Hidung

Bebebarapa gangguan pada hidung yang sering terjadi adalah :

1. Polip

  • Polip hidung merupakan gangguan pada hidung yang berupa benjolan lunak berwarna putih atau keabu-abuan yang disebabkan pembekakan selaput lendir ( mukosa ) yang berupa cairan interseluler ( antar sel ) yang terdorong kedalam hidung.
  • Polip dalam keadaan kecildapat diobati dengan obat-obatan kortikosteroid yang dapat diminum atau disemprot, tapi jika sudah besar maka perlu dilakukan pengangkatan melalui operasi.

2. Mimisan

  • Mimisan terjadi karena anyaman pembuluh darah yang dilapisi selaput lendir yang terdapat di dalam hidung, terutama daerah tulang hidung depan terluka. Hal tersebut dapat terjadi karena sering mengupil atau kemasukan benda asing.

  • Hal yang perlu dilakukan jika terjadi mimisan antara lain, jangan ditidurkan atau ditengadahkan kepalanya karena dapapat menyebabkan darah masuk ke dalam saluran napas, Duduk dengan badan dicondongkan kedepan tapi jangan menunduk, tekan cuping hidung dengan kedua jari tangan dan bernapas melalui mulut, kompres daerah hidung dan dahi dengan es yang dibungkus kain agar darah cepat membeku.

  • Jika lebih dari 10 menit mimisan tak kunjung berhenti sebaiknya dibawa kedokter.

 3. Infeksi pernapasan

  • Infeksi saluran pernapasan terjadi karena selaput lendir sebagai penyaring kotoran dari udara yang masuk kerjanya tidak baik. Biasanya infeksi saluran pernapasan ini diderita oleh anak-anak.
  • Jika penderita/anak tak kunjung sembuh lebih dari 5 hari, terutama jika adanya ingus berwarna menjadi kuning kehijau-hijauan dan demam cukup tinggi sebaiknya segera dibawa kedokter.43. Sinusitas

4. Sinusitas

  • Sinusitas terjadi apabila terjadi flu berkepanjangan akibat infeksi saluran pernapasan menjadi infeksi didaerah sinus/rongga sekitar hidung. Gejalanya berupa sumbatan dihidung, keluar ingus, dan sering batuk. Jika tidak diobati dapat menyebabkan demam, mulut bau, pusing dan kadang terdapat gangguan pada mata.

  • Pantangan yang harus dihindari bagi penderita sanusitas antara lain, jangan meminum minuman dingin karena dapat membuat saluran sinus menjadi bengkak, Jangan berenang karena dapat menyebabkan air masuk kedalam hidung dan menyebabkan iritasi, selain itu hindari menghirup asap rokok, debu dan polusi udara.
Demikianlah gangguan yang sering terjadi pada hidung salah satunya penyakit polip hidung, sementara itu hanya itu saja yang bisa saya sampaikat, Semoga dapat menjadi referensi agar dapat menjaga kesehatan hidung. dan thanks to visit  Baca Juga Gangguan yang sering terjadi pada telinga.

iklan