16 Cara ampuh mengatasi wajah kusam dan berminyak bagi pria

iklan
iklan
Apakah pria harus berwajah putih, bersih, mulus dan tampan? Kalau tampan sich sudah dari sononya ya? Tapi kalau putih dan bersih aku tak menjamin suatu keharusan, namun kebanyakan pria tidak mau menghias dirinya dan memperbaiki  penampilang hanya karena menghaluskan muka dan memutihkan muka. Namun percaya atau tidak, bagi pria yang mempunyai kulit wajah yang kusam akan memperburuk penampilan diri pria, dan akibat yang nyata yaitu kita yang mempunyai wajah kusam akan minder dengan kekusaman wajah yang kita miliki. Oleh karena itu, meskipun pria, namun juga harus menjaga kulit wajah dari kusam agar ketampanan sobat bisa terjaga. Langsung saja simak artikel tentang 16 cara untuk membersihkan wajah kusam bagi pria ini hingga selesai sebagai berikut :
simak juga

1. Bersihkan Wajah secara Teratur


Para pria, tahukah Anda bahwa kebersihan wajah adalah hal paling esensial dalam perawatan kulit wajah? Jadi, sangat tidak bagus jika Anda malas mandi, di mana otomatis wajah Anda pun tidak akan dibersihkan juga. Tidak bagus juga untuk membiarkan wajah Anda kotor sebelum Anda pergi tidur. Kebersihan adalah poin nomor satu pada perawatan wajah. Jadi, ubah kebiasaan malas mandi Anda dengan mandi dan membersihkan wajah secara teratur minimal 2 kali sehari. Pada umumnya, pria memproduksi lebih banyak minyak pada wajah, sehingga lebih rentan terhadap kotoran. Jangan semakin memperparah kondisi wajah Anda dengan malas mencuci wajah!
16 Cara ampuh mengatasi wajah kusam dan berminyak bagi pria

2. Gunakan Pelembab


Cara merawat wajah kusam pria yang kedua adalah menggunakan pelembab wajah. Pelembab yang merupakan salah satu produk kecantikan memang lebih identik untuk wanita, namun pria pun harusnya tak perlu malu untuk menggunakan pelembab. Pelembab adalah produk kecantikan yang sangat penting perannya untuk kulit wajah, karena dapat memberikan nutrisi sekaligus melindungi kulit wajah Anda dari paparan sinar matahari, paparan polusi dan radikal bebas lainnya. Kini pun sudah banyak tersedia produk pelembab wajah khusus pria dengan kandungan tertentu yang tentunya cocok untuk pria. Kini mungkin Anda sudah familiar dengan pelembab berbahan dasar kopi, mint, atau lemon. Ketiga bahan tersebut memang dapat membantu pria menyingkirkan minyak berlebih untuk menampilkan wajah yang segar sepanjang hari.

3. Kurangi Begadang


Nah, biasanya pelaku-pelaku begadang adalah pria. Entah itu menonton bola, bermain games, nonton film, atau bekerja. Namun tahukah Anda bahwa selain berbahaya untuk tubuh secara keseluruhan, begadang juga tidak baik untuk kesehatan kulit Anda? Dengan begadang, Anda akan kehilangan kesempatan mengalami proses regenerasi sel kulit pada wajah, sehingga wajah Anda bisa kusam karena sel-sel kulit mati yang menumpuk jika terlalu sering begadang. Selain itu, begadang dapat menyebabkan wajah Anda terlihat lesu dan lelah, sehingga penampilan wajah Anda tidak akan prima.

cara merawat wajah kusam pada pria secara alami dan tradisional


4. Menjaga Pola Makan


Mulai sekarang, hindarilah prinsip ‘yang penting murah’ untuk makanan Anda. Makanan murah memang menyenangkan untuk dompet Anda, namun pertanyaannya apakah makanan tersebut bergizi dan sehat untuk Anda? Makanan yang berlemak seperti junk food atau gorengan sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh serta kecantikan kulit Anda. Jenis makanan tersebut dapat memicu produksi minyak yang berlebihan, sehingga wajah Anda akan semakin berminyak, semakin rentan dengan kotoran, dan akan terlihat semakin kusam. Jadi, untuk perawatan wajah kusam pada pria yang terakhir, pilihlah menu makan yang sehat, bergizi dan seimbang. Bukan berarti Anda tidak boleh memakan junk food atau gorengan sama sekali, namun hindarilah sebisa mungkin, ya!

5. Bengkoang


siapa bilang hanya wanita saja yang bisa memakai masker bengkoang? Pria juga tentunya bisa melakukan perawatan alami dengan masker bengkoang ini. Buah ini berkhasiat untuk mencerahkan kulit wajah. Untuk membuat masker bengkoang sangat mudah, yaitu dengan cara memarut bengkoang yang sebelumnya sudah dibersihkan dan dikupas kulitnya. Setelah itu, peras dan dapatkan sari bengkoang yang sudah diparut. Lalu, oleskan pada wajah, dan diamkan hingga 15 menit. Lakukan secara rutin cara tersebut sebanyak 2 hari sekali, agar wajah menjadi lebih cerah secara alami.

 

6. Madu


selain bengkoang, madu juga berkhasiat untuk melembabkan, menyegarkan dan melembabkan kulit wajah. Bagi pria, jika ingin memiliki kulit wajah yang cerah, maka Anda bisa langsung mengoleskan madu pada wajah dengan rata, lalu diamkan dan bilas sampai bersih.

 

7. Kentang


pria juga bisa memanfaatkan kentang untuk merawat kulit wajahnya. Kentang berkhasiat untuk memutihkan wajah dengan efektif secara alami. Karena kentang memiliki kandungan asam fosfat dan asam sitrat yang dapat meredakan iritasi kulit atau peradangan. Bagi Anda yang memiliki masalah kulit sensitif, caranya yaitu dengan mengompres sari kentang untuk mengobati peradangan pada kulit wajah sensitif. Anda juga bisa memakai masker kentang untuk mencerahkan dan mengatasi masalah kantung mata.

Siapa yang menyangka bahwa kentang mampu mencerahkan kulit wajah. Kandungan Vitamin B Kompleks dan mineral didalam kentang mampu memutihkan kulit wajah. Caranya cukup sederhana, yaitu cukup mengambil satu buah kentang yang sudah dikupas dan dicuci bersih yang kemudian dihaluskan dengan blander. Campur satu sendok madu kedalamnya. Oleskan campuran kentang dan madu ke bagian wajah secara merata dan tunggu sekitar 15-20 menit. Jika sudah selesai, bilaslah dengan air bersih. Cara ini dapat kamu lakukan secara tertaur setiap hari.

8. Menggunakan Jeruk Nipis


Citrid acid yang terkandung didalam jeruk nipis mampu memutihkan kulit wajah jika digunakan secara berkala. Kandungan citrid acid pada jeruk nipis dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit yang pada akhirnya menjadi kotoran penyebab jerawat pada muka atau bahkan flek hitam bekas jerawat.

9. Faktor Genetik (Keturunan)


Yang dimaksud dengan faktor genetik yaitu faktor bawaan atau turunan dari kedua orangtuanya. Maksudnya begini, jika ayah atau ibu anda memiliki (maaf) kulit yang kusam atau berminyak, maka ada kemungkinan bahwa anda sebagai anaknyapun akan memiliki jenis kulit wajah yang sama

10. Pola Hidup


Pola hidup yang baik tentu akan berdampak positif terhadap kesehatan, begitupun sebaliknya, pola hidup yang buruk atau tidak teratur maka akan berdampak buruk pula pada kesehatan kita. Misalnya, jarang berolahraga, mandi tidak teratur, tidur tidak teratur dsb.

11. Pola Makan


Terlalu banyak memakan-makanan yang mengandung banyak lemak seperti, junk food (makanan yang kurang gizi), gorengan, makanan yang mengandung banyak santan dan kurangnya mengkonsumsi asupan atau vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh

13. Faktor Lingkungan


Jika kita terbiasa berada ditempat-tempat yang kumuh dan tidak sehat maka tidak bisa dipungkiri bahwa debu-debu yang ada dilingkungan tersebut juga dapat menyebabkan kulit kita menjadi tidak sehat, karena debu dapat menempel di kulit yang berminyak, sehingga pori-pori kulit kita akan tersumbat dan menyebabkan jerawat.

14. Kurang tepat dalam memilih produk kosmetik


Nah, kulit kusam juga bisa disebabkan oleh penggunaan kosmetik yang kurang tepat,sehingga tidak cocok untuk kulit kita dan akibatnya kulit kita pun menjadi kusam.

15. Tidur tidak teratur


Terlalu sering tidur terlalu larut malam (begadang), juga akan menyebabkan kulit terlihat pucat dan kusam, karena darah menjadi berkurang, maka dari itu, kurangi tidur terlalu malam.
simak juga disini

16. Kurang mengkonsumsi air putih


Kurang mengkonsumsi air putih dapat menjadikan anda dehidrasi dan menebabkan kulit menjadi kusam
Baiklah, mungkin sekarang sobat belum yakin 100%  dan mempunyai minat untuk merawat wajah seorang pria, seperti yang saya bilang pada awal artikel ini, percaya atau tidak wajah kusam akan memperburuk penampilan dan menjadikan kita minder. Terimakasih atas kunjungannya salam infodob
iklan