32 Cara ampuh hidup sehat mudah & alami bikin awet muda

iklan
iklan
kesehatan merupakan suatu hal yang harus dimiliki seseorang untuk mendapatkan hidup yang bahagia dan nyaman, namun sebelum saya membahas kebiasaan-kebiasaan sehat, saya akan bertanya seberapa sehat anda? Apa pola makan sobat sudah teratur? Sehari sudah minum air putih berapa gelas? Sudahkah anda mendapatkan tidur yang berkwalitas? Sudahkah anda menerapkan semua kebiasaan yang sehat?, tak usah bingung-bingun untuk menjawabnya sobat, akan tetapi cukup saja direnungkan dan segera dipraktekkan agar kesehatan yang anda impikan bisa tercapai.  Langsung saja nich simak 32 kebiasaan baik untuk kesehatan anda sebagai berikut :

1. Istirahat yang Cukup

Kalau anda sibuk diwaktu siang, usahakan untuk tetap beristirahat cukup dimalam hari. Istirahat ini bisa dimulai dengan tidur yang cukup. Berapa jam tidur yang sehat itu? banyak peneliti mengatakan bahwa tidur yang baik itu 7 jam. Bagaimana jika sulit untuk tidur? Nah disini saya mau menyampaikan bahwa istirahat itu tidak hanya tidur, jika anda tidak bisa menjalani tidur selama 7 jam karena adanya gangguan tidur (insomnia), saya sarankan anda untuk melakukan relaksasi. Relaksasi yang bisa anda lakukan misalnya minum teh hangat atau coklat panas, rebahan, atau mandi dengan air panas. Relaksasi ini bisa membantu anda menenangkan pikiran. Setelah pikiran anda mulai tenang anda bisa tidur dengan mudah.
baca juga

2. Bangun di Pagi Hari

Ibarat orang kata jangan bangun kesiangan, nanti rezekinya dimakan ayam. Perkataan tersebut sering saya dengar dari nenek saya ketika saya masih kecil. Hal itu mengajarkan ‘rezeki’ dipagi hari itu tidak semata-mata harta benda saja, tapi juga udara yang jernih. Udara yang jernih inilah rezeki yang diberikan oleh Tuhan secara cuma-cuma untuk kesehatan tubuh kita. Udara bersih akan berkurang seiring polusi yang mulai banyak disiang hari karena terkontaminasi asap kendaraan dan sebagainya. Jika anda masih ingat pelajaran SD tentang proses pembaruan udara oleh tumbuh-tumbuhan anda pasti ingat bahwa dipagi hari itu gudangnya oksigen.

3. Olahraga Teratur

32 Cara ampuh hidup sehat mudah & alami bikin awet muda
Cara hidup sehat tidak akan pernah lengkap jika tidak ada unsur olahraga didalamnya. Olahraga membuat tubuh kita menjadi lebih fit. Barang siapa yang jarang melakukan olahraga mungkin mulai saat ini bisa membiasakan diri untuk melakukan olahraga sederhana seperti lari jarak pendek, push up atau senam kecil ketika waktu luang. Olahraga ini dapat membuat racun dalam tubuh melalui keringat sehingga anda tidak perlu menggunakan zat kimia untuk melakukan hal tersebut.

4. Memperbanyak Minum Air Putih

Minum air putih merupakan cara hidup sehat secara alami. Anda tidak perlu menambahkan apapun kedalam air putih. Air putih yang sehat membantu melancarkan metabolisme tubuh. Tubuh kita ini sangat membutuhkan unsur cairan, aktivitas yang padat membuat tubuh kekurangan cairan sehingga minum setidaknya 8 gelar per hari adalah cara sederhana untuk hidup sehat.

5. Pilih Menu Makanan Sehat

Sebelumnya saya juga telah membahas mengenai makanan sehat pada artikel cara menguruskan badan. Makanan untuk tubuh sehat adalah makanan yang berimbang, ini artinya antara serat, karbohidrat dan protein harus seimbang. Jadi kalau lapar jangan hanya mementingkan karbohidarat saja tapi tubuh anda lebih memerlukan asupan gizi yang berimbang. Saya juga menyarankan untuk tidak membiasakan diri makan junk food, selain tidak berimbang anda tidak bisa mengontrol asupan gizi yang terkandung dalam makanan tersebut.

6. Menerapkan Bola Hidup Bersih

Menjaga kondisi lingkungan sehari-hari adalah cara hidup sehat dan bersih. Selain untuk kenyamanan dan kesehatan, lingkungan yang bersih juga menimbulkan mood beraktivitas anda. Mulai saat ini jika tempat kerja anda berserakan, mulailah membersihkan hal tersebut. Gunakan masker saat melakukan bersih-bersih agar debu tidak masuk kedalam tubuh

7. Atur Pola Makan Sehat

Bila anda ingin memiliki penampilan yang awet muda, pilih makanan berkalori sebagai asupan energi serta untuk menjaga suasana hati dan cukupi makanan yang mampu meningkatkan metabolisme, kesehatan jantung serta mengelola stres.

Perbanyak makan sayuran beserta akarnya, buah-buahan dengan glikenik rendah (pisang, apel, anggur, jeruk, kiwi, pear), serta makanan yang mengandung protein nabati dan protein tanpa lemak. Jangan menghitung kalori tetapi hitunglah kualitas. Kulit, rambut, kuku, berat badan dan suasana hati akan dipengaruhi oleh pola makan sehat.

8. Mulailah Bergerak

Olahraga secara teratur merupakan salah satu cara hidup sehat yang harus dilakukan. Tidak perlu latihan berat yang menguras energi dan waktu, tidak perlu membuang-buang uang dengan pergi ke pusat kebugaran, cukup jalan-jalan rutin di sekitar halaman rumah anda.

Ingat! Bergerak akan membuat jantung tetap sehat, metabolisme terjaga serta terhindar dari stres. Olahraga ringan yang rutin serta teratur merupakan cermin seseorang melakukan pola hidup sehat sederhana.

9. Tertawalah

Percayakah anda jika tertawa bisa membuat awet muda? Selain mampu membakar kalori tanpa disadari, tertawa juga menyehatkan jantung karena akan melatih otot diafragma. Tips pola hidup sehat dengan tertawa sudah banyak dibuktikan keampuhannya untuk membuat anda tetap awet muda.

10. Pilih Yang Alami

Merawat penampilan fisik mulai dari wajah, rambut sampai bagian tubuh lain memang sudah menjadi keharusan. Produk-produk kecantikan maupun kesehatan yang anda gunakan bisa saja tidak bersahabat dengan tubuh anda di masa depan.

Cobalah memakai masker mentimun untuk membersihkan kulit, memanfaatkan madu untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat atau mengkonsumsi jus wortel untuk merawat mata indah anda.

11. Kurangi Minuman Bersoda

Minuman berkarbonasi atau bersoda memang menjanjikan sensasi kesegaran yang luar biasa. Apalagi saat panas terik menyengat, anda serasa terjun bebas ke kolam yang penuh air.

12. Minum Lebih Banyak Air

Sudah berapa gelas air putih yang anda minum hari ini? Tahukah anda, 8 gelas adalah jumlah minimal air yang harus anda minum? Dan tahukah anda arti kata minimal?

Ya, kita semua masih kurang banyak meminum air putih dalam sehari. Minum sebanyak mungkin air putih adalah cara hidup sehat yang murah, mudah dan ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh.

13. Mulailah Membuat Jus

Jus buah maupun sayur bisa menjadi cara efektif untuk anda atau anggota keluarga yang tidak suka mengkonsumsi buah dan sayuran secara langsung. Sudah banyak kreasi resep jus buah dengan rasa yang nikmat tanpa mengurangi vitamin atau mineral berguna di dalamnya.

14. Jangan Lupa Tidur

Tidur adalah hal yang sangat penting bagi kecantikan atau pun kesehatan anda. Selain bertujuan mengistirahatkan tubuh dan mengelola stres, manfaat tidur untuk kecantikan juga sangat nyata.

15. Biasakan Berpikir Positif

Otak merupakan bagian terpenting dari tubuh manusia. Segala aktivitas akan dikoordinasikan dengan otak sebelum dijalankan oleh bagian tubuh. Pikiran positif akan menghindarkan anda dari stres, meningkatkan rasa percaya diri serta menjaga kinerja organ tubuh lainnya tetap maksimal.

16. Buang Jauh Kebiasaan Buruk

Setiap orang tentu tahu kebiasaan-kebiasaan buruk apa saja yang masih dilakukannya, begitu pun dengan anda. Berhenti merokok, minum alkohol, begadang setiap malam sampai makan makanan cepat saji.


Anda tidak beristirahat dengan baik, Anda akan menghabiskan waktu waktu dengan makan biasanya dengan makanan cepat saji / junk food. Istirahat yang cukup dan Anda tidak perlu camilan untuk tetap terjaga. Juga, kurang tidur menyebabkan penuaan dini, dan Anda tidak menginginkan hal itu, bukan?

17. Meditasi

Meditasi akan menenangkan pikiran dan jiwa Anda. Sehingga metabolisme tubuh anda dpat berjalan dengan baik.

18. Latihan

Bukan hanya beberapa kali seminggu, tapi cobalah setiap hari. Penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga setiap hari membawa manfaat luar biasa bagi kesehatan, termasuk dapat memperpanjang umur, menurunkan risiko semua penyakit, kepadatan tulang yang lebih tinggi dan menurunkan berat badan. Tingkatkan aktivitas dalam hidup Anda. Pilih berjalan untuk jarak yang dekat. Naiki tangga, bukan menggunakan lift. Bergabunglah beberapa kelas aerobik.

19. Makan lebih banyak buah-buahan

Buah-buahan adalah mengandung vitamin dan mineral. Apakah Anda tahu bahwa jeruk memberikan manfaat kesehatan lebih dari pil Vitamin C? Meminum dalam suplemen tidak sama dengan mengkonsumsi buah. Makanlah buah-buahan yang paling bergizi seperti: Semangka, Aprikot, alpukat, Apel, melon, jeruk, Kiwi, jambu, pepaya, stroberi.

20. Makan lebih banyak sayuran

Seperti buah-buahan, sayur-sayuran juga penting bagi kesehatan kita. Para ahli menyarankan bahwa kita harus memiliki 5-9 porsi buah/sayuran sehari, dan sayangnya kebanyakan orang bahkan tidak memiliki setidaknya 5 porsi sayuran sehari! Makanlah sayuran seperti Kacang merah, kacang hitam, asparagus, kacang panjang, kacang Perancis, kecambah, jamur kancing, dan wortel. Apa sayuran favorit Anda? Konsumsilah mulai sekarang.

21. Pilih makanan berwarna cerah

Buah-buahan dan sayuran dengan warna-warna cerah biasanya mengandung anti-oksidan yang tinggi. Anti-oksidan baik untuk kesehatan karena mereka menghilangkan radikal bebas dalam tubuh yang merusak sel-sel. Jadi penuhi kulkas anda dengan buah / sayuran aneka warna: Putih (Pisang, jamur), Kuning (Nanas, Mangga), Orange (Jeruk, pepaya), Red (Apple, Stroberi, Tomat, semangka), Hijau (Jambu, Alpukat, mentimun, selada, seledri), Ungu / Biru (Blackberry, Terong, prunes).

22. Cintai diri anda

Dengan mencintai diri sendiri, anda akan sadar untuk melakukan hidup sehat, memilih makanan yang kaya vitamin, dan selalu berolahraga. Mulalilah dari sekarang daripada tidak sama sekali.

23. Berjalan / berlari tanpa alas kaki

Ada banyak manfaat positif yang terbukti jika anda berjalan / berlari tanpa alas kaki, seperti memiliki postur tubuh yang lebih baik, lebih sedikit stres pada kaki Anda, mengurangi stres pada sendi Anda, dll.

24. Jauhkan orang-orang “negatif” dari kehidupan Anda

Positif sehat dan mental merupakan bagian penting dari cara hidup sehat. Anda tidak perlu orang yang selalu mengganggu/merepotkan dalam hidup Anda. Jika Anda merasa jika teman anda terlalu kritis atau negatif, biarkan dia pergi dari kehidupan anda.

25. Jauhkan hal hal yang bersifat negatif dari diri sendiri

Anda tidak perlu memiliki sifat negatif pada diri sendiri. Dengarkan apa kata pikiran anda dan singkirkan pikiran negatif itu. Banyak mereka yang merasa tidak bahagia karena mereka tidak berpikir positif pada diri sendiri, sehingga penyakit pun bisa datang karena pikiran anda terlalu panas memikirkannya. 

26. Bernapas dalam-dalam

Oksigen merupakan sumber penting bagi kehidupan. Anda mungkin tahu bagaimana bernapas, tetapi apakah Anda bernapas dengan benar? Sebagian besar dari kita tidak bernapas dengan baik – kita hanya bernapas cuma 1/3 dari kapasitas paru-paru kita. Cobalah bernapas dalam dalam di mana paru-paru Anda terisi penuh, perut Anda mengembang dan ada gerakan minimal di bahu Anda.

27. Makanlah dalam porsi kecil

Makanlah dalam porsi yang kecil, ini juga dapat menyeimbangi penyaluran energi Anda sepanjang hari. Secara umum, makanlah ketika Anda merasa lapar, dan berhenti ketika kenyang. Anda tidak perlu menunggu sampai waktu makan untuk makan. Dengarkan tubuh Anda.

28. Berhenti makan ketika Anda merasa kenyang

Banyak dari kita bergantung pada faktor luar untuk mengetahui kapan kita kenyang, seperti apakah semua orang telah selesai makan, apakah piring Anda kosong atau tidak. Anda harus melihat faktor dalam tubuh, seperti apakah perut Anda terasa penuh atau tidak. Jangan merasa harus menghabiskan makanan hanya karena masih ada makanan di piring.

29. Jalani hidup dengan tujuan

Kesehatan yang positif dimulai dari dalam! Apakah hidup anda memiliki tujuan? Apakah Anda hidup sesuai dengan tujuan Anda? Coalah membuat tujuan hidup anda, jadi anda lebih bisa menargetkan hal hal yang ingin anda lakukan. Dan kebahagiaan akan mendatangi anda ketika target itu telah diselesaikan dengan baik.

30. Katakan tidak untuk makanan berminyak
Kurangi asupan makanan cepat saji seperti kentang goreng, donat, keripik, dan makanan yang telah digoreng. Bukan saja dapat menyebabkan penggemukan (1 sendok makan minyak adalah 120 kalori), makanan goreng mengandung akrilamida, potensi zat kimia penyebab kanker. Menurut laporan BBC, sekantong keripik dapat berisi hingga 500 kali.

31. Kurangi makanan yang manis

Permen, kue-kue, coklat, soda, donat, dan makanan manis lainnya, mereka juga tidak mengenyangkan dan dapat memicu anda makan lebih banyak. Jika itu terjadi kadar gula dalam tubuh anda akan kehilangan keseimbangan dan diabetes pun mengintai. Cara Hidup Sehat 18. Go oganik. Makanan organik adalah makanan yang diproduksi tanpa “bahan sintetis seperti pestisida dan pupuk kimia, bukan hasil rekayasa genetika, dan tidak diproses menggunakan iradiasi, pelarut industri, atau makanan tambahan kimia”. Makanan organik cenderung lebih mahal, tapi apakah Anda lebih suka menyimpan uang dan memberi makan tubuh Anda dengan pestisida atau membayar ahli kesehatan yang harganya jauh lebih mahal dari makanan organik itu sendiri untuk mendapatkan tubuh sehat?
simak juga disini

32. Hindari soda dan kafein


Minuman dengan kafein bersifat diuretik – yang berarti mereka mempercepat laju produksi urin. Selain itu, soda juga tidak sehat bagi tubuh, menyebabkan kenaikan berat badan.

Baiklah sobat, anda tidak usah bingung untuk melakukan kebiasaan yang sebanyak itu, namun hanya bebrapa saja yang dirasa penting dan akan membawa kesehatan pada anda. Untuk itu saya mohon maaf yang sebesarnya atas kekurangan artikel ini dan terimakasih atas kunjungannya. Salam infodob

iklan